Gempar, Beruang Kembali Muncul di Kawasan Kelok 44

 

Gempar, Beruang Kembali Muncul di Kawasan Kelok 44


Gempar, Beruang Kembali Muncul di Kawasan Kelok 44
Tim BKSDA Resor Agam saat memasang perangkap evakuasi beruang madu, di Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.


AGAM, Editor -- Warga gempar, satwa dilindungi Beruang Madu kembali muncul di kawasan jalan raya kelok 44 tepatnya di Kubuak Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Minggu, (15/11/2020), siang.

Warga setempat sekaligus saksi mata, Nofrizal (28), menceritakan satwa langka itu pertama kali terlihat berada diatas batang durian yang sedang berbuah.

"Melihat ada warga, beruang tersebut bergegas turun dan langsung lari ke arah sawah disekitar lokasi," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Novrizal langsung memberitahukan kepada warga untuk tidak melintas lokasi dimana kemunculan beruang tersebut.

Dari kejadian itu, warga langsung melaporkannya pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam.

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, menyikapi laporan dari warga tim langsung turun kelokasi melakukan identifikasi serta menghimpun keterangan dari saksi mata.

"Dari identifikasi dan keterangan saksi mata, kita memutuskan untuk memasang perangkap guna mengevakuasi satwa tersebut yang diduga masih berada di permukiman warga,"ujarnya, Senin, (16/11/2020.

Dilanjutkannya, perangkap dipasang untuk 7 hari ke depan, dengan umpan berupa buah nangka dan durian. Kemudian akan terus dipantau oleh tim setiap harinya.

"Untuk itu, kita menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati beraktivitas di ladang atau di sawah," himbau Ade.

Ditambahkannya, berdasarkan jejak, cakaran dan keterangan warga, satwa tersebut diduga sama dengan yang muncul dilokasi kelok 35 Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Agam, minggu (5/10/2020) lalu. 

**Afridon

Posting Komentar

0 Komentar