Sehari 450 Ton Sampah Masuk ke TPA Air Dingin Padang Daya Tampung Sampah di TPA Air Dingin Tidak Memadai

 

Kepala DLH Kota Padang, Mairizon.


Padang, Editor – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon mengungkapkan sampah yang tidak terkelola di Kota Padang mencapai kurang lebih 62,8 ton.

“Ya, dari timbunan sampah Kota Padang sebanyak 641 ton per hari, yang diangkut ke TPA lebih kurang 450 ton per hari. Masih tersisa sampah yang tidak terkelola sebesar 62,8 ton atau 14 persen,” kata Mairizon, Sabtu (18/9/2021).

Sampah yang tidak terkelola ini adalah sampah yang ditemui di muara sungai, bantaran pesisir pantai dan tempat-tempat penumpukan sampah liar.

Menurut Mairizon, sebenarnya pengelolaan sampah dari hulu ke hilir. Yakni bagaimana masyarakat mengurangi sampah dari sumbernya.

“Jadi ini posisinya di hilir. Sampah yang sudah terlanjur masuk ke lingkungan itu kita lakukan pengelolaan,” kata Mairizon.

Mairizon mengharapkan dengan aksi yang dilakukan oleh komunitas-komunitas peduli sampah di Kota Padang bisa menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya untuk juga ikut mengelola sampah.

Mulai dari mengurangi sampai ikut mengumpulkan sampah yang sudah terlanjur sampai di lingkungan.

“Kita berharap masyarakat peduli bahwasanya sampah adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya

Di samping itu, Mairizon menambahkan dengan adanya jebakan sampah yang dipasang di beberapa aliran sungai di Kota Padang bisa mengurangi sampah agar tidak sampai ke laut. 


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar