Pengadaan Sapi di Disnak Keswan Sudah Sesuai Prosedur


Humas Pemprov Sumbar


Padang, Editor   - Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Sumbar, Jasman Rizal mengatakan , bahwa Pengadaan sapi yang dilaksanakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Sumbar telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Hal ini menanggapi pemberitaan yang beredar di sejumlah media yang menyatakan pengadaan sapi di Disnak Keswan Sumbar tidak sesuai dengan spesifikasi kontrak.

“Sesuai spesifikasinya dan dilaksanakan melalui lelang terbuka, yang tidak ada campur tangan Disnak Keswan. Apalagi campur tangan Gubernur, Wakil Gubernur dan lain-lain. Dalam hal ini dipastikan Gubernur, Wakil Gubernur tidak ikut campur dalam proses pelelangan apalagi menentukan pemenang lelang dimaksud,” tegas Jasman, Rabu (29/12/2021).

Jasman juga menambahkan, Disnak Keswan Sumbar hanya menyiapkan spesifikasinya sesuai kebutuhan. Pengadaannya bukan dimaksudkan untuk beli sapi bibit, tetapi sapi untuk dibudidayakan.

Setelah proses lelang selesai oleh ULP, kemudian sapi yang telah datang dicek kembali oleh Disnak Keswan Sumbar, apakah telah sesuai dengan spesifikasi dalam kontrak atau tidak.

“Setelah cocok dan sesuai dengan spesifikasi, barulah Disnak Keswan Sumbar meyerahkannya kepada kelompok masyarakat penerima yang telah ditetapkan sebelumnya,” ulas  Jasman.

Spesifikasi sapi bantuan itu adalah sapi lokal untuk menjadi indukan. Bisa sapi Bali, sapi Madura, sapi Pesisir ataupun sapi PO. Tinggi minimal 110 cm, umur maksimal 13 atau giginya sudah tumbuh 3 pasang, dan bunting atau tidak bunting.

Khusus yang bunting diperiksa dengan USG. Sementara persyaratan tentang beratnya tidak ada, karena dibeli sapi betina untuk pengembangbiakan, bukan sapi jantan untuk penggemukan. Yang penting sapinya sehat dan mau makan. Adanya anggapan bahwa sapi yang diserahkan adalah sapi yang tidak berkualitas karena kurus juga dibantah Jasman.


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar