Fakta Baru Kematian Tahanan Lapas Lubuk Basung, Ada Dugaan Penganiayaan

 

Keluarga korban saat diwawancarai awak media.


Agam, Editor -  Penyebab kematian Syafrizal alias Poron, seorang tahanan kasus narkoba yang disebutkan oleh Kepala Lapas murni mati bunuh diri di dalam Lembaga  (LP) Kelas II B Lubuk Basung Kabupaten Agam pada Senin (10/1/2022) lalu, hingga kini masih menyisakan tanda tanya, Rabu (19/1/2022).

Keluarga korban menemukan banyak tanda-tanda kekerasan di tubuh jenazah Poron, mereka menduga anggota keluarganya sempat mengalami kekerasan dan penyiksaan sebelum akhirnya meregang nyawa di sel isolasi tahanan Lapas Lubuk Basung pada Senin (10/1/2022) lalu.

Saat mendatangi Kantor Komnas HAM perwakilan Sumbar di Kota Padang pada Selasa (18/1/2022), mereka membeberkan sejumlah fakta mengenai kondisi jenazah keluarganya, saat akan dimandikan setelah diterima dari pihak lapas.

"Sesampainya di rumah duka, pada jasad keluarga kami, ditemukan sejumlah tanda-tanda kekerasan yang tidak wajar, wajah korban memar, keningnya robek, bagian kepalanya bocor, telinga memar, tangan sebelah kiri memar, pinggang membiru," kata Herman, kakak ipar Poron yang mendampingi istri almarhum mengadukan persoalan itu kepada Komnas HAM.

** Afridon


Posting Komentar

0 Komentar