Korban Jiwa Gempa Pasaman Barat, Sumbar Bertambah Jadi 11 Orang

 Korban Jiwa Gempa Pasaman Sumbar Bertambah Jadi 11 Orang

kerusakan akibat gempa di Sumatera Barat.
 


Pasaman  Barat, Editor  - Jumlah korban meninggal akibat gempa yang melanda wilayah Pasaman Barat dan Pasaman, Sumatera Barat, bertambah. Total diketahui hingga saat ini ada 11 korban jiwa.


"Satu korban jiwa gempa bumi magnitudo 6,1 Sumatera Barat, kembali ditemukan oleh tim gabungan pada hari ini, Minggu (27/2/ 2022 ) . Atas penemuan itu, maka jumlah korban meninggal dunia menjadi 11 orang," ungkap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (27/2/2022).


Abdul menjelaskan, jumlah tersebut merupakan hasil penghitungan dari dua wilayah yakni Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat. Hingga kini dilaporkan masih ada 4 orang dilaporkan hilang.


"Adapun rincian korban jiwa tersebut, sebanyak 5 orang di Kabupaten Pasaman Barat dan 6 di Kabupaten Pasaman. Di samping itu, data sementara yang berhasil dihimpun meliputi korban luka berat 42 orang, luka ringan 346, hilang 4 orang dan warga yang mengungsi kurang lebih mencapai 13 ribu jiwa," ucap Abdul.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyebut pihaknya sedang berfokus melakukan pencarian terhadap 4 korban hilang tersebut. Selain itu, BNPB juga akan mendata setiap kerusakan dan kebutuhan para pengungsi.


"Fokus utama penanganan yaitu pencarian 4 orang hilang, pendataan kerusakan dan yang terpenting memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi," kata Suharyanto.

Sebelumnya, jumlah korban jiwa dari gempa di Sumatera Barat mencapai 10 orang. Jumlah itu merupakan hasil penghitungan dari wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

"Kita pastikan sampai satu jam yang lalu, korban jiwa itu enam orang di Kabupaten Pasaman. Kita temukan satu lagi jenazah dari lima yang dilaporkan hilang," kata Bupati Pasaman Benny Utama dalam siaran jumpa pers via kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (26/2/2022).

"Empat orang lagi belum kita temukan. Terus kita upayakan pencariannya," Imbuhnya.

Di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, terhitung ada empat orang meninggal akibat gempa itu. Di luar itu, ada puluhan orang yang sakit.

"Warga kita yang meninggal empat orang, yang sakit 42 orang, dirawat di puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit," kata Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi.


** Afridon







Posting Komentar

0 Komentar