Ungkap Masalah Kedaruratan Medis, Puan Maharani Sebut Peran Penting Parlemen

 


Ketua DPR RI Puan Maharani/ foto: DPR RI


 Jakarta, Editor  - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengungkapkan pentingnya peran parlemen dalam masalah kedaruratan medis. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, disebut Puan Maharani, membuat segenap masyarakat dan organisasi mesti belajar bekerja sama dalam mencapai adaptasi untuk ketahanan nasional.

Hal ini diungkap Puan Maharani saat memberikan kata sambutan dalam Diskusi Panel WHO yang digelar di sela-sela Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali pada Selasa (22/3/2022).

"Saat pandemi atau bencana melanda, semua orang berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Pandemi membuat kita menyadari peran anggota parlemen dalam kedaruratan medis,” kata Puan Maharani  seperti dilansir dari dpr.go.id.

Lebih lanjut, ia menilai anggota parlemen memiliki kekuatan untuk mencapai kesiapan saat kedaruratan medis terjadi

“Melalui peran kunci yang memungkinkan dari legislasi, penganggaran, pengawasan, dan perwakilan,” ucapnya.

Dalam diskusi panel WHO bertajuk ‘Tidak Akan Lagi – Memperkuat Kesiapsiagaan Keamanan Kesehatan Selama Pemulihan Covid-19 dan Seterusnya’ tersebut, Puan mengatakan pandemi membuat dunia belajar lebih banyak dalam mengungkap kelemahan dan kekurangannya.

“Saat kita dihadapkan dengan ancaman, risiko dan kerentanan, kita menyadari urgensi untuk pendekatan semua bahaya, multi sektoral, dan terkoordinasi untuk kesiapsiagaan darurat kesehatan. Sekarang adalah waktu yang paling tepat bagi kita untuk meningkatkan kepemimpinan politik kita,” ungkap politisi fraksi PDIP itu.


** Asrial




Posting Komentar

0 Komentar