Ini Contoh Deskripsi Diri saat Pendaftaran PPPK Guru 2022

 

Contoh deskripsi diri yang dituliskan saat mendaftar PPPK guru 2022. (Tangkapan layar sscasn.bkn.go.id)

 Editor   - Pendaftaran PPPK Guru resmi dibuka sejak 31 Oktober 2022 hingga 13 November 2022.

Pendaftaran ini dilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id. Saat masuk ke dalam akun, kamu akan diminta untuk menuliskan deskripsi diri dengan maksimal 3000 kata.

Sebelum menulis, ada beberapa poin penting yang harus dituliskan saat mendeskripsikan diri agar 3000 kata dapat dimaksimalkan dengan baik.

Berikut ini poin-poin yang harus dituliskan dalam deskripsi diri

1. Menuliskan identitas diri meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir.

2. Menjabarkan tentang sekolah yang ditempati mengajar meliputi nama sekolah, berapa lama mengajar, apa saja kontribusi yang sudah diberikan pada sekolah, serta prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih.

3. Jangan lupa sampaikan bagaimana hubunganmu dengan para siswa dan guru yang lain.

4. Selain itu bagaimana hubunganmu dalam bermasyarakat misalnya keaktifan dalam organisasi masyarakat, keikutsertaan dalam kegiatan bermasyarakat dan bentuk kontribusi lain yang sudah diberikan dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Tambahkan hal lain yang bernilai positif dan bisa menjadi inspirasi sesuai kenyataan yang pernah kamu lakukan.

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dituliskan dalam deskripsi diri PPPK guru 2022, saatnya mulai menulis deskripsi dirimu.

Berikut ini teks contoh deskripsi diri untuk pendaftaran PPPK bagi guru 2022

Nama saya Arsyila Zahra Humairah dan terbiasa disapa Syila. Saya lahir di Kota Makassar pada 3 Oktober 1999. Saat ini saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 7 Makassar. Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 6 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Bahasa Indonesia kelas VIII dan IX.

Dalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa, terlebih pada materi yang saya ajarkan, saya selalu mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Tak hanya sekedar materi pembelajaran, saya bisa memahami karakteristik serta emosial siswa

Sehingga nantinya saya mampu memberikan cara mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah seperti olimpiade atau berpidato, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya. (Bisa menambahkan juara yang pernah diraih)

Selain menjalin kedekatan dengan peserta didik, saya juga menjalin dan membangun komunikasi dan hubungan baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja. Saya juga tak menyia-nyiakan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut.

Dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat. Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan partisipasi dalam organisasi masyarakat atau ikut serta dalam kegiatan gotong royong. (Tambahkan kegiatan lagi jika ada)

Demikianlah contoh contoh teks deksripsi diri yang dimasukkan pada saat mendaftar PPPK guru. Kamu harus memastikan agar semua poin penting tertulis secara lengkap agar dapat menjadi nilai positif saat mendaftarkan diri pada program PPPK guru 2022


**





Posting Komentar

0 Komentar