Mutasi kembali Bergulir 4 Pejabat Utama Polda Sumbar dan 5 Kapolres

 


Padang ,Editor  – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali me­lakukan mutasi dan rotasi jajarannya. Di Polda Sumbar, ada empat pejabat utama (PJU) berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dan lima Kapolres yang dimutasi.


Mutasi itu sesuai dengan empat Surat Telegram Pori yairu yakni Nomor: ST/2774/XII/KEP./2022 sebanyak 21 personel, Nomor: ST/2775/XII/KEP./2022 sebanyak 162 personel, Nomor: ST/2776/XII/KEP./2022 sebanyak 374 personel dan Nomor: ST/2777/XII/KEP./2022.


Dalam Surat Telegram itu, Dirreskrimum Polda Sumbar, Kombes Pol Su­geng Hariyadi dimutasi menjadi Kabidlabfor Polda Bali. Sedangkan jabatan Dirreskrimum dipercayakan kepada AKBP Andri Kurniawan yang sebelumnya menjabat Kabagdalpres RO SDM Polda Sumbar. 


Dengan diamanahkannya jabaran itu, AKBP Andri Kurniawan akan segera naik pangkat menjadi Kom­bes.


Selanjutnya, Kombes Pol Toto Fajar Prasetyo yang menjabat sebagai Kabidkeu Polda Sumbar dipindahkan dengan jabatan yang sama di Polda Babel. Lalu, tempat yang ditinggalkan Toto akan diisi Kombes Pol Kurtato yang sebelumya mengemban tugas sebagai Kabidkeu Polda Sulsel.


Selanjutnya, Kombes Pol Nugrah Trihadi yang menjabat sebagai Wi­dyai­swara Kepolisian Madya TK. II Sespimmen Sespim Lemdikat Polri diangkat menjadi Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Ka­ro Rena) Polda Sumbar. Lalu juga ada Kombes Sonny Mulvianto yang dimutasi sebagai Kepala Biro SDM Polda Sumbar. Sonny sebelumnya Analisis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri.


Selanjutnya, lima Ka­polres yang dimutasi di jajaran Polda Sumbar yakni, Plt Kapolresta Bukittinggi AKBP Wahyuni Sri Lestari diangkat menjadi Kapolres Payakumbuh. Jabatan Ka­polresta Bukitttinggi kemudian diamanahkan kepada AKBP Yessi Kurnianti, sehingga mendapatkan promosi kenaikan pangkat menjadi Kombes Pol.


Kemudian, Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Muat diangkat menjadi Kasubbagrendalops Bagopsnal dan TIK Korpolairud Baharkam Polri dan diigantikan AKBP Fahmi Reza yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pasaman.


Sedangkan jabatan Ka­polres Pasaman diama­nahkan kepada AKBP Yudho Huntoro. Kapolres Pasaman Barat yang sebelumnya dijabat AKBP M Aries diganti dengan AKBP Agung Basuki. Terakhir, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, AKBP Alex Prawira selanjutnya menjadi Wadir Intelkam Polda Sumbar.


Kabid Humas Polda Sum­bar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan,, membenarkan adanya mutasi jabatan di jajaran Polda Sumbar sesuai dengan TR dari Mabes Polri.


“Mutasi atau pergantian jabatan di institusi Polri merupakan sebuah penghargaan pimpinan Polri kepada personel yang berprestasi dan berdedikasi dalam melaksanakan tugas. Juga merupakan bentuk pengembangan karir para personel Polri,” kata Kombes Pol Dwi, Minggu 25 Desember 2022


Dwi mengung­kapkan setelah surat telegram keluar, akan dilakukan serah terima jabatan. Namun belum diketahui kapan dilangsungkannya serah terima jabatan terhadap dua pejabat yang dipindahtugaskan.


“Nanti dikabarkan. Yang jelas promosi jabatan ini sehingga karir dapat meningkat sesuai dengan kinerja, dan pengembangan organisasi sebagai konsekuensi dari tuntutan reformasi menuju Polri yang mandiri dan profesional,” ujar Dwi 



**  Afridon.

Posting Komentar

0 Komentar