Kecam Pengusiran Jurnalis, Ratusan Wartawan Demo Kantor Gubernur Sumbar


 

 Padang, Editor  - Ratusan Wartawan di Kota Padang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Rabu 10 mai 2023   siang. Para awak media ini memprotes dan mengecam pengusiran sejumlah jurnalis yang ingin meliput pelantikan Wakil Wali Kota Padang di Auditorium Gubernuran pada, Selasa  9 mai 2023 siang.

Massa aksi yang mengatasnamakan Koalisi Wartawan Anti Kekerasan ini merupakan bagian dari empat organisasi wartawan di Sumbar, yaitu AJI Padang, IJTI Sumbar, PFI Padang, dan PWI Sumbar. Mereka merupakan bagian dari awak media cetak, online dan elektronik yang ada di Kota Padang.

Pantauan  Editor   ratusan jurnalis konvoi menggunakan sepeda motor diiringi polisi menuju depan kantor Gubernur Sumbar. Peserta aksi kompak memakai baju hitam sebagai simbol matinya demokrasi di Sumatera Barat.

Aksi damai ini diwarnai peletakan kartu pers yang ditabur dengan bunga rampai. Pendemo juga membentangkan poster yang isinya berupa sindiran, seperti "Gubernur jawabnya selalu tidak tahu, tahunya apa?", "Kami bukan wartawan rilis", "Pak gub urang lah tau!!!", "Liputan Wapres aja wartawan masuak, pelantikan Wawako Padang wartawan tidak boleh. Bapak sehat?", "Kebebasan Pers Dikorupsi", serta puluhan poster lainnya.

Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang Arif Pribadi mengatakan, aksi pengusiran yang diduga dilakukan oknum pejabat di Sumbar terhadap jurnalis sangat disayangkan.

"Kami mengecam hal itu. Kami datang ke sini bersama-sama tidak hanya PFI saja, namun ada PWI Sumbar, Aji Padang serta IJTWi Sumbar," sebutnya


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar