Sejumlah Kepala OPD di Padang Berganti, Ini Jadwal Pelantikannya

 

Kepala BKPSDM Kota Padang Arfian.


Padang,Editor -  Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang dilaporkan segera berganti dan ditempati oleh nama baru. Jika tak ada aral melintang atau perubahan jadwal, pelantikan dilakukan pada Rabu 24 mai 2023


Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian.

“Kalau tidak ada halangan dalam minggu ini dilakukan pelantikan,” kata Arfian kepada Editor. Senin .22.mai 2023  siang.

Arfian mengatakan, khusus dua kepala OPD, yakni Inspektur dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian berkemungkinan menyusul dalam pelantikan.

Pasalnya, posisi Inspektur menunggu keputusan atau arahan dari Gubernur Sumbar. Pemko Padang sendiri, kata Arfian sudah menerima rekomendasi nama calon Inspektur dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Nah, untuk Kepala Disnakerin, namanya sudah ada, namun menunggu Kepala yang sekarang (Dian Fakri) pensiun per 1 Juni 2023 mendatang. Sehingga, Wali Kota meminta nama yang sudah fiks saja terlebih dahulu untuk dilantik,” katanya.

Namun demikian, untuk posisi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang, diprediksi belum akan terisi dalam waktu dekat sepeninggal mundurnya Editiawarman yang tersandung skandal dengan perempuan.

“Untuk DPMPTSP (sepertinya) belum, karena pada saat kepalanya mundur, kami telah selesai melakukan seleksi terbuka posisi Kepala OPD,” katanya.

Ketika disinggung, siapa saja kepala OPD yang dilantik, Arfian enggan membeberkan nama-nama dan Kepala OPD mana saja yang mengalami pergantian.

“Nanti, tunggu saja siapa orangnya setelah dilantik, yang jelas pelantikan (rencana) dilakukan dalam minggu ini, menunggu jadwal Wali Kota Padang saja,” katanya.

Setelah pelantikan pejabat eselon II, dalam hal ini, Pemko Padang juga menyegerakan pelantikan pejabat di eselon III, seperti Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Urusan Rumah Tangga Setdako Padang serta Kabag Hukum.

“Nanti untuk posisi itu juga segera diisi, setelah (pelantikan) eselon II selesai.

Sebelumnya diberitakan, Pemko Padang membuka job fit atau seleksi jabatan tinggi pratama pemerintahan daerah. Job fit ini dilakukan untuk mengisi jabatan yang kosong karena ditinggalkan pejabat lama maupun yang pensiun.

Terdapat beberapa jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Padang yang tengah kosong.

Seperti, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar), Inspektur, Kepala Disnakerin. Sejumlah Staf Ahli dilaporkan juga diganti.


** Afridon

Posting Komentar

0 Komentar