Lily Sumeri,S.Pd, Kepala Sekolah SMKN 2 Pariaman Harapkan Semua Jurusan Berstandar Industri

 

  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Kota Pariaman,    Ibu Lily Sumeri,S.Pd

Pariaman,Editor-Dunia pendidikan terutama sekolah formal sampai sekarang belum berhasil membuktikan kualitas yang diharapkan sesuai tujuan pendidikan nasional di berbagai jenjang. 


Termasuk jenjang pendidikan dasar. Menurut teori bahwa keberhasilan harus didukung dan ditunjang oleh tiga komponen. Yakni sekolah pemerintah, orang tua dan lingkungan masyarakat.


 Pertanyaannya, apakah ketiga unsur tersebut berjalan normal Belum tentu.


Dibutuhkan suatu keahlian khusus bagi kepala sekolah untuk mengupayakan ketiganya dapat berjalan dengan baik.


 Kepala sekolah harus pandai mengambil situasi untuk bisa mengondisikan semuanya. Peran kepala sekolah sangat berpengaruh dalam peningkatan dan kemajuan pendidikan.


 Kepala sekolah adalah pemimpin tertinggi di sekolah walaupun kepemimpinan itu sifatnya situasional.


 Artinya suatu tipe kepemimpinan dapat efektif untuk situasi tertentu dan kurang efektif untuk situasi yang lain.


Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan, Berdasarkan kepada tupoksinya, 


kepala sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan mutu sekolah. Mengapa? Karena kepala sekolah disamping sebagai seorang pimpinan (leader), administrator, juga seorang manajer. 


Semua hal yang berkaitan dengan sekolah, baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya non-SDM seperti sarana dan prasarana dan prasarana menjadi tanggung jawabnya. 


Seorang kepala sekolah harus memiliki 5 (lima) kompetensi, yaitu (1) kompetensi kepribadian, (2) kompetensi manajerial, (3) kompetensi supervisi, (4) kompetensi kewirausahaan, dan (5) kompetensi sosial.


Lily Sumeri,S.Pd Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Kota Pariaman,


 sangat menginspirasi untuk seluruh Siswanya, karena semenjak tanggal 2 Januari 2023, semakin mempererat kegiatan SDM, yaitu Sholat Berjamaah, sebelum melakukan PBM seluruh Siswa di wajibkan mengaji, dan sebelum pulang sekolah lakukan bernyanyi lagu kebangsaan, 


ini semua dilakukan sesuai dengan instruksi Kepala Dinas Pendidikan.


Mengenai gedung yang terbakar saat ini sudah dibersihkan, dan untuk sanitasi yang pertama yaitu kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekolah.


Kepala sekolah SMKN 2 Kota Pariaman Lily Sumeri,S.Pd, harapkan kedepannya semua jurusan berstandar industri, dan tidak ada yang menganggur setelah tamatan SMK.


** Ribert / Afridon

Posting Komentar

0 Komentar