Mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang Menjalani Metode Pembelajaran Berbasis Project Based Learning

Mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang

Padang, Editor - Mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang Menjalani Metode Pembelajaran Berbasis Project Based Learning


Fakultas Ilmu Sosial Departemen Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang, menerapkan metode pembelajaran berbasis project based learning pada mata kuliah Sosiologi Administrasi. Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara telah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan Project Based Learning (PBL) guna mengaplikasikan teori yang mereka pelajari langsung ke dalam masyarakat.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan mengaplikasikan pembelajaran mereka dengan turun langsung ke lapangan.

Kampung kb bangau putih kelurahan perupuk tabing kota Padang Sumatera Barat(Sumbar ) ,rabu 24 mai 2023

Dosen pembimbing Hidayatul Fajri S.Ap, M.Pa menjelaskan, kegiatan project-based learning ini dilaksanakan mahasiswa semester II.Di semester IIini sepertinya dari pihak prodi memang memfokuskan mahasiswanya untuk memperbanyak pengalaman dengan turun langsung membuat project.

 Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak awal pertengahan semester hingga akhir semester saat ini. Seluruh penilaian ujian diambil dari hasil project. Kegiatan PBL ini bertujuan melakukan riset mini terhadap salah satu pemberdayaan masyarakat yang ada di kota padang.

Salah satu kelompok mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara yang ikut serta dalam melakukan kegiatan PBL adalah Hakiki dkk, mereka mengambil tajuk materi tentang pemberdayaan masyarakat melalui kampung KB bangau putih Perupuk Tabing.


 Dalam kegiatan yang mereka lakukan, mereka meneliti tentang bagaimana efektivitas program kampung KB bangau putih terhadap masyarakatnya. Disini mereka melakukan penelitian dengan cara mewawancarai langsung masyarakatnya melalui prosedur dan perizinan dari ketua RW dan RT setempat

Menurut Hakiki dkk kegiatan project based learning ini sangat berkesan bagi mereka karena kegiatan ini melibatkan banyak masyarakat, sehingga dapat menjadi contoh awal bagi mereka untuk melakukan riset yang lebih besar untuk penyelesaian kuliah selanjutnya.


Kelompok kami juga sangat bersyukur dan berterimakasih kepada kampung KB bangau putih yang sangat terbuka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerjasama melaksanakan project ini. 


Sebenarnya lebih ke tidak menyangka bakalan mendatangkan antusiasme yang besar bagi masyarakat perupuk tabing RW XVII dengan kami mengangkat tema ini dalam penyelesaian project based learning kami.

“Harapannya kegiatan PBLini dilanjutkan hingga semester semester berikutnya, “metode pembelajaran berbasis project-based learning diharapkandapat memberikan wawasan yang luas bagi mahasiswa terhadap problem yang terjadi pada dunia nyata dan memberikan solusi yang bermanfaat bagi kemasalahan masyarakat,


”Jujur meskipun banyak tantangan, tapi justru kegiatan seperti ini memberikan pengalaman dan sudut pandang yang berbeda bagi kami (kelompok mahasiswa) untuk memahami masalah real yang ada di sekitar. Selain itu, bermanfaat juga untuk masyarakat sekitar tentunya,” sambungnya mengakhiri


 **   Syarah Nur Hakiki

 

Posting Komentar

0 Komentar