Unand Buka Pendaftaran Mulai 15 Juni , Terbaru Jalur SIMA Kelas Internasional

  

Wakil Rektor I Unand Prof Dr Mansyurdin MS menjelaskan penerimaan mahasiswa baru jalur SIMA di Rektorat Unand, Kamis  8 Juni 2023 


Padang,  Editor - Universitas Andalas akan menerima 2.386 mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 melalui jalur Seleksi Masuk (SIMA) Unand. Dimana untuk pendaftarannya dibuka mulai tanggal 15 hingga 27 Juni.

"Tahun ini, terbaru dari penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SIMA adalah kelas internasional. Di samping SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas dan SIMA Mahasiswa Internasional," kata Wakil Rektor I Unand, Prof Dr Mansyurdin MS, kepada wartawan, di Rektorat Unand, Kamis  8 Juni 2023

Ia menjelaskan SIMA Kelas Internasional ini beda dengan SIMA Mahasiswa Internasional. Syaratnya, warga negara Indonesia (WNI), bahasa pengantar dalam proses pembelajaran adalah bahasa Inggris, sebagian beban belajar diselenggarakan di Perguruan Tinggi Mitra Luar Negeri.

"Bisa pengumpulan kredit dan atau gelar bersama (joint degree) atau gelar ganda reguler (double degree atau dual degree)," tutur Guru Besar Biologi Unand ini.

Ia mengatakan tahun ini ada tiga program studi membuka jalur Kelas Internasional. Yakni Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dimana ketiga program studi itu telah memiliki akreditasi Internasional FIBAA.

"Dimana program studi Manajemen dengan University Malaysia Pahang, Akuntansi dengan University Malaysia Sabah dan Ekonomi," ucapnya.

Ditambahkan Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Unand dr Nur Afrainin Syah MMed Ed PhD menjelaskan SIMA Akademik, Unand akan menerima mahasiswa baru melalui dua sub jalur yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan sub ujian tertulis

Artinya, mahasiswa yang sebelumnya tidak lolos pada jalur SNBT bisa masuk melalui jalur SIMA dengan acuan nilai UKT.

Kemudian, akan menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi lomba dan prestasi nonlomba.

"Khusus sub jalur prestasi nonlomba, Unand akan menerima mahasiswa hafiz Al Quran minimal hafal 10 juz, dan calon mahasiswa yang mempunyai prestasi bakat kepemimpinan," ucapnya.

Terkait jadwal pelaksanaan SIMA Prestasi, pendaftaran dimulai pada 15-22 Juni 2023. Kemudian, SIMA Akademik menggunakan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dilaksanakan pada 15-22 Juni 2023.

Selanjutnya, pendaftaran SIMA Akademik ujian tertulis dan SIMA Kelas Internasional dimulai pada 15 hingga 27 Juni, ujian menggambar 2 Juli, ujian offline 3-4 Juli 2023.

Terakhir pendaftaran SIMA Kerja Sama dan SIMA Disabilitas dibuka pada 1 hingga 12 Juli 2023.

"Untuk informasi secara detailnya dapat diakses di laman pmb.unand.ac.id," ungkapnya


. **   Afridon


Posting Komentar

0 Komentar