Dilantik jadi Inspektur Kota Padang, Arfian



 Padang,Editor – Wali Kota Padang, Hendri Septa resmi melantik Arfian sebagai Kepala Inspektorat menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) Didi Aryadi dan Syuhandra yang telah pensiun beberapa bulan lalu.

Dalam beberapa tahun terakhir, sosok Arfian memegang peranan penting dalam roda pemerintahan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Bahkan, tak jarang Arfian juga dianggap sebagai Luhut Binsar Panjaitan-nya Pemerintah Kota (Pemko) Padang saking seringnya ia dipercaya oleh Hendri Septa memegang sejumlah posisi strategis.

Terakhir, jabatan definitif yang diemban oleh Arfian adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang.

Jauh sebelum itu, pria tamatan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Bukittinggi tahun 1989 itu juga pernah ditugaskan sebagai Camat Padang Barat dan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Padang.

Meski sempat mengalami pasang surut karir di era pemerintahan salah satu Wali Kota Padang periode 2003-2018, Fauzi Bahar, nyatanya ia tetap bersabar dan setia berada di jajaran Pemko Padang dengan tidak pindah ke instansi samping atau menyeberang ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

Kesabaran Arfian dalam meniti karir di Pemko Padang pun membuahkan hasil. Sejak era kepemimpinan Mahyeldi-Emzalmi dan Mahyeldi-Hendri Septa, ia dipercaya memegang sejumlah jabatan.

Puncaknya, saat Hendri Septa dilantik menjadi Wali Kota Padang dan terlibat perang dingin dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang saat itu, Amasrul, ia ditunjuk menjadi pimpinan tertinggi Aparatur Sipil Negara (ASN) secara bergantian dengan Kepala Biro (Kabiro) Organisasi Setda Sumbar, Fitriati dan Asisten 1 Setda Kota Padang, Edi Hasymi.

Bagi Arfian, ini bukan pertama kalinya ia ditunjuk sebagai pemangku sementara jabatan yang ditinggal, selain sebagai Sekda ‘bayangan’.

Beberapa jabatan pernah diembannya, seperti Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dispar, hingga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang.

Saat ini, Arfian sudah resmi dilantik sebagai Kepala Inspektorat atau Inspektur yang bertugas melakukan pengawasan dan pemeriksaan administrasi pemerintahan di Pemko Padang.

“Saya menunggu Wali Kota (Wako) Padang dahulu pulang dari Jakarta dalam rangka menjemput penghargaan, karena setelah pelantikan Senin (17/7/2023) itu, saya juga belum sempat serah terima jabatan (sertijab) dengan Plt Inspektur, Didi Aryadi, karena beliau ikut dengan Wali Kota ke sana,” kata Arfian saat dihubungi Radarsumbar.com via seluler, Selasa (18/7/2023) pagi.

Arfian mengatakan, Selasa (18/7/2023) ini merupakan hari terakhir dia menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Padang setelah Sekda definitif, Andree Harmadi Algamar telah pulang dari Arab Saudi dalam rangka menunaikan ibadah haji.

“Untuk (posisi Kepala) BKPSDM, sementara diambil alih oleh Sekretaris terlebih dahulu, Kamis (20/7/2023) baru saya serah terima jabatan dengan Plt Kepala Inspektorat,” imbuhnya. 


** Relis

Posting Komentar

0 Komentar