Proyek Pusat Infrastruktur Dibangun Pemerintah di Sumbar 2023



 Jakarta, Editor - Pemerintah melalui Kementerian PUPR tengah masif melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). kamis 31 Agustus 2023

 Infrastruktur yang dibangun mulai dari fasilitas sumber daya air (SDA), pendidikan, air bersih, rumah susun (rusun), hingga jalan tol.

 Sebagaimana dirangkum Editor , berikut sejumlah deretan infrastruktur yang dibangun Pemerintah di Sumbar:

1. Embung Talago Mumbuang 



Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Embung Talago Mumbuang di Kabupaten Agam, sebagai upaya meningkatkan tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional di Sumbar

 Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang Mochammad Dian Al-Ma'ruf mengatakan, pembangunan Embung Talago Mumbuang dilaksanakan pada tahun anggaran 2019-2021 dengan biaya Rp 18,1 miliar

. Saat ini Embung Talago Mumbuang dengan luas genangan 0,23 hektar telah selesai untuk mengairi sekitar 50 hektar areal persawahan di tiga jorong yakni, Jorong Bansa, Jorong Babukik dan Jorong Alang.

 "Embung ini sekaligus menjadi ruang publik sebagai destinasi wisata baru karena memiliki pemandangan indah berlatar Gunung Singgalang," imbuh Dian. 

Embung Talago Mumbuang memiliki latar belakang pemandangan yang indah bernuansa alam khas pedesaan, dilengkapi dengan jogging track dan terletak di sebuah kaki bukit di Jorong Babukik atau tidak begitu jauh dari Danau Tarusan.

2. Gedung Politeknik Negeri Padang


Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Politeknik Negeri Padang untuk pengembangan prestasi olahraga, kesenian, dan minat bakat.

Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah berharap fasilitas yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kegiatan belajar mengajar


. "Kami ingin mahasiswa di daerah bisa juga merasakan hasil pembangunan pemerintah pusat. Fasilitas Pusat Kegiatan Mahasiswa yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Politeknik Negeri Padang," terangnya.


Pembangunan gedung ini dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis sejak 29 November 2021 dan telah selesai pada Januari 2022.


 Dukungan infrastruktur pendidikan ini sebagai upaya penyelesaian KDP (Konstruksi Dalam Pengerjaan) bangunan gedung dengan fungsi sebagai pusat kegiatan mahasiswa yang belum selesai, baik secara konstruksi maupun secara fungsi. 


Gedung PKM Politeknik Negeri Padang dibangun di atas lahan seluas 0,4 hektare dengan nilai kontrak Rp 35,4 miliar. 


Infrastruktur dibangun Kementerian PUPR berupa pembangunan gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa, ground water tank, power house, turap penahan tanah, akses jalan pemadam kebakaran, dan lansekap. 


Gedung PKM Politeknik Negeri Padang juga dilengkapi kursi tribun dengan kapasitas 2.000 penonton.


 3. SPAM IKK Palukahan



 Kementerian PUPR telah membangun fasilitas Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Palukahan yang terletak di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. 


SPAM yang dibangun pada tahun 2019 tersebut saat ini sudah melayani 10.000 unit Sambungan Rumah (SR) dan ditambah untuk ZAM (Zona Air Minum) sebanyak 245 SR. Capaian tersebut lebih besar dari target rencana sebesar 8.000 unit SR. 


Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat, Kusworo Darpito menjelaskan, SPAM IKK Palukahan merupakan pengembangan sistem yang telah ada untuk memanfaatkan kapasitas sumber air yang cukup besar di kawasan Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah.

 "Sehingga pelayanan air minum di Kecamatan Koto Tangah, Padang Utara dan Nanggalo dapat tercapai 100 persen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Kuranji, dan Kecamatan Nanggalo," katanya.

 Adapun fasilitas terbaru dan canggih yang dibangun pada SPAM IKK Palukahan seperti pengolahan airnya termasuk ramah lingkungan, karena menggunakan sistem gravitasi dari intake ke IPA yang posisinya di hulu. 

Instalasi Pengolahan Air (IPA) dari SPAM IKK Palukahan juga sudah di desain Indoor sehingga aman dari paparan matahari yang bisa mempercepat tumbuhnya alga atau lumut yang berpengaruh pada rasa air dan mejaga suhu air juga.

 Di samping itu, juga teknologi IPA dilengkapi SCADA sehingga bisa dikontrol dan dimonitoring dengan efektif dan efisien dari jumlah operator. Penggunaan streaming current monitor menunjang monitoring proses dan optimalisasi pemakaian bahan kimia koagulan.

Lalu Reservoir sudah menggunakan glass steel dan bahan food grade sehingga sangat baik untuk teknologi air siap minum. Tak kalah pentingnya juga IPA berada di daerah aman Tsunami dan sudah didesain ramah gempa kali sekaligus untuk mitigasi bencana.

 SPAM IKK Palukahan Gadang Kota Padang memiliki kapasitas 100 liter/detik bersumber dari Sungai Palukahan. SPAM ini melayani akses air minum kawasan Padang Utara.

 Adapun intake dan pipa transmisi dibangun oleh Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR pada tahun 2016-2017, dan untuk Unit Produksi dan jaringan pipa distribusi utama dibangun oleh Ditjen Cipta Karya Tahun 2019 dengan anggaran Rp 26,6 miliar. 

4 Jalan Tol Padang- Pekanbaru 



Pemerintah masih dalam proses untuk menghadir jalan tol pertama di Sumbar. Jalan tol yang dimaksud ialah Jalan Tol Padang-Sicincin. 

Jalan Tol Padang- Pekanbaru  merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 kilometer.

 Rinciannya Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang, dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru

. Ruas tol ini merupakan bagian dari Sirip (koridor pendukung) Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat.

 Berdasarkan data Per Maret 2023, progres konstruksi Tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 kilometer sudah mencapai 32,11 persen dengan progres lahan yang sudah dibebaskan mencapai 84,58 persen. 

"Dari 36 km seksi ini, masalah pengadaan lahan yang sebelumnya menjadi kendala terbesar dari pelaksanaan konstruksi, Alhamdulillah bisa mulai terselesaikan," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit kepada, Editor   kamis 31 agustus 2023

 Dengan proses pembebasan lahan yang bakal selesai, Tol Padang-Sicincin diharapkan bisa segera rampung konstruksinya. 

"Semoga ruas ini segera tuntas pada Triwulan 2-2024 dan Sumatera Barat segera memiliki jalan tol berkualitas yang akan menjadi contoh bagi pembangunan jalan di provinsi ini," pungkasnya

. Kehadiran Tol Pekanbaru-Padang secara keseluruhan nantinya membawa manfaat positif bagi perekonomian dan pariwisata kedua wilayah setempat. 

Di mana akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang ke Pekanbaru dari 9 jam via jalan arteri menjadi sekitar 3 jam via jalan tol dengan kecepatan rerata 80 kilometer per jam.

5 Rusun Polda Sumbar

 Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan rusun untuk para anggota kepolisian yang bertugas di Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar, yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang

. Rusun tersebut dibangun satu tower dan memiliki tiga lantai dengan 44 unit hunian tipe 36, termasuk dua unit penyandang disabilitas

. Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III Ditjen Perumahan Kementerian PUPR  Zubaidi menjelaskan, pihaknya juga melengkapi bangunan tersebut dengan meubelair agar anggota kepolisian beserta keluarga bisa tinggal dengan nyaman.

 Dari data yang ada, rusun tersebut dibangun satu tower di atas lahan seluas kurang lebih 3.100 meter persegi.

 "Setiap unit terdiri dari dua kamar dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari, sofa dan meja ruang tamu, toilet, dapur, tempat cuci dan di bagian luar gedung dilengkapi dengan jalan, tempat parkir dan ruang terbuka hijau (RTH)," pungkasnya.


** Sumber Kompas 


 


Posting Komentar

0 Komentar