SD Negeri 19 Belakang Tangsi Pengelolaan Dana BOS Dinas Pendidikan Kota Padang Tidak Tertib, BPK Temukan Rekening Aktif Sekolah yang Sudah Tutup


Ilustrasi ana Bos


Padang, ,Editor -Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2022 mengungkapkan beberapa temuan terkait pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh Dinas Pendidikan Kota Padang. Salah satunya ditemukan satu rekening aktif atas nama SD Negeri 19 Belakang Tangsi, padahal sekolah tersebut telah ditutup sejak 8 September 2019 lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK diketahui SDN 19 Belakang Tangsi yang telah di-regrouping/digabung ke sekolah lainnya. Sekolah tersebut di-regrouping karena jumlah murid kelas satu sampai enam hanya berjumlah 32 orang.

Murid-murid dari sekolah tersebut telah dipindahkan ke beberapa sekolah sekitarnya, dan sekolah tersebut telah ditutup. Namun hasil penelusuran atas rekening koran menunjukkan masih terdapat rekening aktif dengan saldo sebesar Rp10.166.144,00 atas nama SD Negeri 19 Belakang

Hasil wawancara BPK dengan mantan Kepala Sekolah SD Negeri 19 Belakang Tangsi menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi ke Dinas Pendidikan terkait perlakuan rekening sekolah, namun Dinas Pendidikan belum memberikan jawaban pasti atas tindak lanjut untuk saldo sekolah tersebut.

Berdasarkan permintaan keterangan dengan Manajer BOS Dinas Pendidikan diketahui bahwa Tim BOS Dinas Pendidikan tidak mengetahui perlakuan terkait sisa Dana BOS untuk sekolah regrouping/ditutup, sehingga rekening sekolah tersebut masih aktif dengan sisa saldo yang masih tersimpan didalamnya.

Hal tersebut mengakibatkan rekening yang belum ditutup atas sekolah yang di-regrouping/ditutup berisiko tidak dapat dipantau oleh BUD, serta saldo dana BOS sebesar Rp10.166.144,00 tidak dapat dimanfaatkan dan berisiko disalahgunakan.

Menurut BPK hal tersebut terjadi salah satunya karena Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak optimal dalam mengendalikan dan mengawasi pengelolaan Dana BOS pada satuan pendidikan.

Terkait tindaklanjut sejumlah temuan BPK pada Pemerintah Kota Padang, termasuk pada Dinas Pendidikan sudah dilakukan konfirmasi kepada Wali Kota Padang, juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, namun hingga berita ini ditayangkan, belum ada tanggapan resmi dari pihak terkait.


**

Posting Komentar

0 Komentar