Pisah Sambut Kalapas Padang, Kakanwil Kemenkumham Sumbar harapkan Lapas Jadi Shelter Tsunami


Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto, bersama sejumlah pejabat saat hadir dalam kegiatan pisah sambut Kalapas Kead IIA Padang, Selasa  24 Oktober 2023 


 Padang, Editor  - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang resmi dijabat oleh Marten menggantikan Edi Cahyono, Selasa  24 Oktober 2023 

Kegiatan pisah sambut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Haris Sukamto

Selain itu hadir juga tamu undangan dari Forkopimda Kota Padang

Edi Cahyono yang merupakan Kalapas Kelas IIA Padang yang lama mengatakan selama sudah terjalin kerjasama yang baik dari berbagai  pihak.

"Tiga bulan pas hari ini saya bertugas. Saya sangat terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Sumbar yang telah mempercayakan diri saya menjabat sebagai Kalapas sementara di Lapas Padang," katanya.

Ia mengucapkan, banyak terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dan telah dibuktikannya mampu untuk mengemban tugas yang telah diberikan.

"Mungkin masih banyak kekurangan saya selama melaksanakan tugas. Oleh karena itu saya meminta maaf dan saya terus berusaha melakukan yang terbaik, walaupun hasilnya belum baik," kata Edi Cahyono.

Edi Cahyono mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan ataupun dalam bentuk bantuan, sehingga Lapas Padang menjadi kondusif dan aman.

Sedangkan Marten yang diamanahkan untuk mengemban tugas baru dari Kalapas Bukittinggi menjadi Kalapas Kelas IIA Padang mengatakan bahwa bertugas di Kota Padang bukanlah hal yang baru baginya.

Pria kelahiran Bukittinggi ini bercerita pernah bertugas di Lapas Padang. Namun, saat ini pejabat dan petugas yang ada sudah berganti termasuk sarana dan prasarananya.

"Kita menginginkan lapas Padang ini menjadi lebih baik. Mohon diberikan dorongan dan inovasi kepada kami," ujar Marten.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto, merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Edi Cahyono yang telah menjadi PLT Kalapas Padang.

"Hari ini saya bangga, untuk pejabat yg lama saya mengucapkan terima kasih. Saya memilih Pak Edi menjadi PLT. Itu tantangannya sulit sekali," kata Haris Sukamto.

Ia melihat, Edi Cahyono sudah memberikan hal yang luar biasa saat menjadi PLT Kalapas Padang.

"Untuk bapak Marten, bukan orang baru di Padang. Amanah yang telah diberikan harus ditepati sesuai janji pada saat dilantik dan serah terima jabatan," katanya.

Haris Sukamto mengusulkan kepada DPRD Kota Padang yang telah hadir untuk membangun shelter mitigasi tsunami dikarenakan posisi bangunan Lapas Padang berdekatan dengan pantai.

"Saya ingin membuat selter, kalau terjadi hal mendesak mereka (warga binaan dan pegawai) sudah dalam posisi aman," katanya.

Haris Sukamto mengungkapkan sudah melakukan percobaan mitigasi bencana, sedangkan untuk membuka kunci yang ada di dalam Lapas membutuhkan waktu lebih dari 5 menit.


** Afridon




Posting Komentar

0 Komentar