Perjalanan Safari Ramadhan di Surau Jambu Aia: Sebuah Momentum Persatuan dan Pembangunan

Ramadhan 1445 H, Tim 17 mengunjungi Surau Jambu Aia, sebuah tempat ibadah yang terletak di Korong Kampung Pauh Tapakih, Nagari Tapakih, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat



Padang Pariaman ,Editor- Dalam rangkaian perjalanan terakhir Safari Ramadhan 1445 H, Tim 17 mengunjungi Surau Jambu Aia, sebuah tempat ibadah yang terletak di Korong Kampung Pauh Tapakih, Nagari Tapakih, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada Jumat, 22 Maret 2024. Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang silaturahmi, tapi juga sebagai wadah untuk mendengarkan dan memahami berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat setempat, termasuk bencana banjir yang kerap melanda.


Ketua Tim 17, Suhardi, S.Sos., dari Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Padang Pariaman, menyatakan kunjungan ini diterima dengan hangat oleh pengurus Surau Jambu Aia dan masyarakat sekitar. Ini menunjukkan kebersamaan dan kekuatan komunitas dalam menyambut bulan suci Ramadhan.


Camat Ulakan Tapakis, Efinaldi, ST, MT, menyampaikan rasa terima kasih dan harapan yang besar terhadap pemerintah daerah. Ia menggarisbawahi urgensi penanganan masalah banjir yang menjadi keluhan tahunan. Dengan mengusulkan pembiayaan untuk pemeliharaan dan perluasan beberapa sungai seperti Batang Tapakis, Batang Ulakan, dan Batang Sigimba, Efinaldi berharap langkah konkret dapat diambil untuk mencegah banjir di masa yang akan datang.


Di sisi lain, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menyampaikan pesan-pesan positif terkait kehidupan beragama dan sosial. Tim 17 memberikan bingkisan Al Quran dan sumbangan finansial sebagai bentuk dukungan nyata kepada masyarakat. Suhardi juga menekankan pentingnya menjaga hubungan baik antar sesama dan menghindari perbuatan yang dapat menyakiti hati orang lain.


Kunjungan Safari Ramadhan ini tidak hanya berakhir sebagai kegiatan rutin tahunan, namun juga sebagai momentum untuk memperkuat tali persaudaraan, meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan, serta menggali potensi wilayah sebagai destinasi wisata yang menawan. Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan sholat Isya dan Taraweh berjamaah, menandai penutupan Safari Ramadhan 1445 H di Surau Jambu Aia dengan penuh berkah dan harapan baru.


Oleh  Afridon

Posting Komentar

0 Komentar