KMP Wira Samaeri Hentikan Rute Padang-Sikakap Akibat Intervensi Pelabuhan ?

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Wira Samaeri GT.677 milik PT Wira Jaya Logitama Cabang Padang menghentikan pelayaran tujuan Padang-Sikakap, karena tidak ada muatan


Mentawai - Editor—Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Wira Samaeri GT.677 milik PT Wira Jaya Logitama Cabang Padang menghentikan pelayaran tujuan Padang-Sikakap, karena tidak ada muatan.

Keputusan ini diumumkan dalam surat pemberitahuan PT Wira Jaya Logitama Cabang Padang nomor 92/WJL-AGN/V/PDG-2024 tanggal 20 Mei 2024, yang ditandatangani oleh Kepala Cabang PT WJL Irianita H Ritonga. General Manager KMP Wira Samaeri, Herry Yon, kepada Padang Ekspres pada Senin, 20 Mei 2024 siang, membenarkan penghentian rute tersebut.

“Sejatinya, KMP Wira Samaeri dijadwalkan melayani rute Padang-Sikakap pada Minggu, 19 Mei 2024, dan kembali ke Padang pada Senin, 20 Mei 2024. Namun, karena tidak ada muatan, rute tersebut ditiadakan. Selain itu, pihak Pelabuhan Bungus juga diduga melakukan intervensi terhadap pengguna jasa,” ungkapnya melalui pesan aplikasi.

Herry Yon tidak menjelaskan secara rinci maksud intervensi dari pihak Pelabuhan Bungus. Namun, dalam surat pemberitahuan disebutkan, jarak antara Sikakap dan Padang yang mencapai 108 notikal mil berdampak pada tingginya biaya operasional.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsapel) Pelabuhan Teluk Kabung Bungus, Agus Sumarso, saat dihubungi Beritaeditoriak.com melalui pesan aplikasi, menyatakan bahwa pihak pelabuhan tidak pernah melakukan intervensi apapun. “Pembatalan jadwal pelayaran murni pengajuan dari pihak operator sendiri,” jelasnya.

KMP Wira Samaeri adalah kapal swasta yang melayani transportasi Padang-Mentawai, dan pertama kali beroperasi pada Februari 2024. Keberadaan kapal ini sangat membantu transportasi masyarakat dari dan ke Mentawai.



**  Afridon.

Posting Komentar

0 Komentar