Wartawan Harus Hati-Hati Menulis Berita: Sekali Salah Bisa Fatal



Sumbar,- Editor – Wartawan harus cermat dan akurat dalam menulis berita karena kesalahan dapat berdampak luas. Muhammad Nasir, anggota Pokja Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, menekankan pentingnya akurasi dalam webinar Pra UKW untuk 64 wartawan Sumbar, Jumat siang, 28 Juni 2024.


Nasir menjelaskan bahwa standar kompetensi wartawan yang ditetapkan Dewan Pers sejak 2010 harus diikuti semua pekerja media. Wartawan perlu memahami hukum pers, kode etik jurnalistik, dan aturan lainnya untuk menulis berita dengan cerdas.


"Agar tidak terjadi penyalahgunaan profesi wartawan, karena wartawan bekerja berdasarkan kepentingan publik," tegas Nasir.


Nasir menyebutkan ada 11 butir kompetensi kunci bagi wartawan, termasuk memahami persoalan, mengidentifikasi masalah, menghubungi narasumber, dan menulis produk jurnalistik. Pelatihan jurnalistik Pra UKW ini difasilitasi oleh Lembaga UKW PWI Pusat dan Lembaga UKW Moestopo, dengan Nasrullah Kusadjibrata dari Universitas Prof. Dr. Moestopo sebagai moderator.


Pada tanggal 5 dan 6 Juli 2024, peserta akan melanjutkan ujian untuk mendapatkan sertifikat kompetensi Wartawan Muda, Madya, dan Utama.


***Afridon


Posting Komentar

0 Komentar