Keberhasilan Roberia Kendalikan Inflasi dan Stunting di Kota Pariaman Disorot Kemendagri

Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, mendapat sorotan positif dalam evaluasi kinerja penjabat kepala daerah yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri RI


Jakarta, Editor – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, mendapat sorotan positif dalam evaluasi kinerja penjabat kepala daerah yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri RI. Evaluasi ini berlangsung pada Rabu, 24 Juli 2024, di Lantai 8 Gedung Itjen Kemendagri, Jakarta.


Evaluasi tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 18, Pasal 20, Pasal 21, dan Pasal 22 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang penjabat gubernur, bupati, dan wali kota. Dalam rangkaian evaluasi ketiga ini, Roberia memaparkan capaian kinerjanya di Kota Pariaman, mencakup isu inflasi, stunting, kemiskinan ekstrim, penyerapan anggaran, dan pengangguran.


Tim evaluasi Kemendagri memberikan apresiasi atas upaya Roberia dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selama Triwulan III masa penugasan. Berbagai keberhasilan dalam program pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat menjadi poin positif yang disoroti.


Salah satu pencapaian signifikan adalah penurunan angka inflasi di Kota Pariaman. Pada pekan ketiga Juni, inflasi turun hingga 6,16 persen, menjadikan penurunan inflasi di Kota Pariaman terbaik se-Indonesia pada periode tersebut. Roberia menjelaskan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk mengendalikan inflasi, termasuk ketika kondisi jalan nasional di Sumatera Barat terputus.


Selain itu, penyerapan anggaran di bidang kesehatan juga mendapat perhatian. Evaluator mencatat bahwa alokasi anggaran sudah sesuai mandatori 22 persen, namun peruntukannya belum tepat sasaran. Beberapa anggaran masih difokuskan pada RSUD milik Provinsi Sumbar, padahal seharusnya diutamakan untuk RSUD Sadikin, milik Kota Pariaman. Evaluator juga meminta pihak Dinas Kesehatan untuk meningkatkan uji pelayanan di RSUD Dr. Sadikin, mengingat banyaknya keluhan pasien terkait pelayanan petugas dan dokter spesialis.


Roberia berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan di RSUD Sadikin dengan memberikan arahan kepada Kepala Dinas Kesehatan. “Ini akan menjadi catatan penting bagi kami, dan saya akan segera memberikan arahan untuk perbaikan,” ujarnya setelah evaluasi.


Selain itu, Roberia juga dinilai berhasil menurunkan angka stunting dan mengendalikan angka pengangguran terbuka di Kota Pariaman, menunjukkan kinerja yang solid dalam berbagai sektor.


** Afridon


Posting Komentar

0 Komentar