Menoreh Prestasi, Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj. Wali Kota Pariaman dalam Menurunkan Inflasi

Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi tinggi atas kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia


Jakarta,Editor  -  Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi tinggi atas kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, dalam evaluasi triwulan III yang berlangsung di Gedung Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jakarta Pusat. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilannya dalam menerapkan kebijakan strategis yang berkaitan dengan lima program prioritas nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat Rabu  24 Juli 2024


Dalam eksposenya, Roberia memaparkan bahwa Pemerintah Kota Pariaman telah melakukan berbagai kebijakan yang berhasil memenuhi target pemerintah pusat dalam program prioritas seperti pengendalian inflasi, penurunan angka stunting, pengurangan kemiskinan ekstrem, pengentasan pengangguran terbuka, dan penyerapan anggaran.


"Kami di Pemerintah Kota Pariaman telah melakukan berbagai kebijakan sehingga dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Pemko Pariaman menjadi salah satu kabupaten/kota terbaik dalam penurunan inflasi atau Indeks Perkembangan Harga (IPH)," ujar Roberia. IPH merupakan indeks yang mengukur perubahan harga 20 komoditas pangan dengan bobot besar dalam Indeks Harga Konsumen (IHK) dan dipantau secara mingguan oleh Kemendagri.


Selain itu, Roberia juga menjelaskan kebijakan lain yang telah diambil untuk kemajuan dan pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk peningkatan gaji tenaga honorer Non-ASN di Pemko Pariaman yang berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem hingga 0 persen.


Tim Evaluator dari Itjen Kemendagri yang hadir dalam acara tersebut juga memberikan masukan untuk evaluasi mendatang, termasuk percepatan penyerapan anggaran, optimalisasi digitalisasi pajak dan retribusi, serta peningkatan pelayanan di Rumah Sakit Sadikin dengan konsep 3S (Sapa, Senyum, dan Sentuh).


Adapun Tim Evaluator yang hadir dalam evaluasi ini antara lain Teguh Narutomo (Inspektur Khusus Itjen), Ahmad Husin Tambunan (Sekretaris Itjen), Brigjen Pol Rustam Mansur (Inspektur I), Ichsan (Inspektur II), dan M. Dimiyati (PPUPD Utama Itjen). Rombongan dari Pemko Pariaman diikuti oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Harpen Agus Bulyandi, Asisten I Yaminu Rizal, Kepala Bappeda Hendri, Kepala BPKPD Buyung Lapau, Sekretaris Kominfo Riky Falantino, Plt. Kadis Kesehatan dr. Hendri, Plt. Kadis PU Desmaniar, Sekretaris BKPSDM, serta beberapa jajaran Pemko lainnya dan wartawan.


Dengan pencapaian ini, Kota Pariaman tidak hanya menunjukkan komitmen kuat dalam menjalankan program pemerintah pusat tetapi juga menorehkan prestasi yang patut dibanggakan.


**   Afridon

Posting Komentar

0 Komentar