Perjuangan Menuju Kompetensi: UKW Sumbar 2024

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Sumatera Barat yang difasilitasi oleh Dewan Pers telah usai. Diadakan di Santika Premiere Hotel, Padang, pada 5-6 Juli 2024,


Padang, Editor – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Sumatera Barat yang difasilitasi oleh Dewan Pers telah usai. Diadakan di Santika Premiere Hotel, Padang, pada 5-6 Juli 2024, acara ini bekerjasama dengan lembaga UKW PWI dan Universitas dr. Moestopo.


Ketua Komisi Kompetensi Wartawan PWI, Uyun Achadiyat, memaparkan hasil ujian untuk 34 peserta dari PWI Sumatera Barat. Hasilnya, 31 orang dinyatakan kompeten dan 3 orang belum. Dari Universitas dr. Moestopo, Retno Intani melaporkan, dari 24 peserta, 22 orang kompeten dan 2 belum.


Marah Sakti Siregar dari Dewan Pers menutup acara dengan menyatakan, program UKW ini yang ke-12 di tahun 2024, menunjukkan upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi wartawan. Hingga 6 Juli 2024, ada 28.712 wartawan yang telah memiliki kartu kompetensi dalam tiga jenjang: Muda, Madya, dan Utama.


Dengan penambahan peserta yang kompeten dari UKW Sumbar ini, jumlahnya menjadi 28.765 wartawan. Meski demikian, Siregar mengingatkan, perjalanan masih panjang untuk membuat semua wartawan di Indonesia profesional.


Acara penutupan diisi dengan kesan dan pesan dari peserta, serta ditutup dengan doa dan foto bersama. Ketua pelaksana, M. Khudri, menjelaskan bahwa acara ini terlaksana atas kerjasama PWI Pusat dan PWI Sumbar.


UKW dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya, dan diuji oleh tim dari UKW PWI Pusat serta Universitas dr. Moestopo, Jakarta.



** Afridon.



Posting Komentar

0 Komentar