Rumah dan Usaha di Sidomakmur Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Satu unit rumah milik Romadi (33) terbakar di Satuan Permukiman (SP) 2, Dusun Sinabak, Desa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, Mentawai, Sumatera Barat,

 

Mentawai ,Editor- Satu unit rumah milik Romadi (33) terbakar di Satuan Permukiman (SP) 2, Dusun Sinabak, Desa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, Mentawai, Sumatera Barat, pada Minggu, 7 Juli 2024. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 05:10 WIB ini mengakibatkan kerugian material yang cukup besar.

Menurut keterangan pemilik rumah, api pertama kali diketahui muncul dari ruang lantai bawah dan cepat menjalar ke sudut ruangan lain yang mudah terbakar. Saat kejadian, Romadi bersama keluarganya berada di lantai atas rumah.

"Waktu saya pergi sholat subuh belum terjadi apa-apa, tapi setelah pulang sholat api sudah membesar. Saya langsung meminta bantuan kepada seorang pegawai pemadam kebakaran yang tinggal tidak jauh dari lokasi untuk menghubungi tim pemadam," ujar Shohib, Kepala Desa Sidomakmur.

Warga sekitar segera membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti ember penampung air, sembari menunggu kedatangan tim pemadam kebakaran. Beberapa saat kemudian, tim pemadam kebakaran tiba di lokasi bersama BPBD Mentawai dan langsung berupaya memadamkan api.

Kendala utama dalam upaya pemadaman adalah keterbatasan air, sehingga tim pemadam harus bolak-balik memompa air dari sumber terdekat. Api berhasil dipadamkan sekitar dua jam kemudian.

Rumah tersebut berdinding tembok dengan bagian lantai atas yang terbuat dari papan. Sayangnya, tidak ada barang yang dapat diselamatkan, namun keluarga Romadi berhasil mengevakuasi diri ke rumah kerabat yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Selain sebagai tempat tinggal, rumah tersebut juga digunakan sebagai tempat usaha penjualan Alat Tulis Kantor (ATK) dan reparasi peralatan elektronik. Kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun diduga karena korsleting listrik


** Afridon



Posting Komentar

0 Komentar