Sistem Buka Tutup di Lembah Anai: Mengurai Kemacetan, Menghidupkan Ekonomi

Jalan lintas Sumatera yang vital ini, menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi, kembali dibuka untuk umum setelah mengalami kerusakan parah akibat banjir bandang pada 12 Mei 2024.


Padang Pariaman , Editor - Mulai Minggu, 21 Juli 2024, Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) akan memberlakukan sistem buka tutup di Jalan Lembah Anai, Tanah Datar. Jalan lintas Sumatera yang vital ini, menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi, kembali dibuka untuk umum setelah mengalami kerusakan parah akibat banjir bandang pada 12 Mei 2024.


Keputusan Setelah Uji Coba


Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Komisaris Besar Polisi Dwi Nur Setiawan, mengungkapkan bahwa keputusan untuk menerapkan sistem buka tutup didasarkan pada evaluasi uji coba pembukaan jalur yang dilakukan pada 18 Juli 2024. "Berdasarkan evaluasi kami saat uji coba pembukaan jalur kemarin, di Lembah Anai akan diberlakukan sistem buka tutup," ujar Dwi.


Tiga Titik Buka Tutup


Sistem buka tutup akan diterapkan di tiga titik sepanjang Jalan Lembah Anai, yang hanya memiliki satu jalur yang bisa digunakan. Hal ini untuk mencegah penumpukan arus kendaraan dan menghindari kemacetan parah, terutama karena jalan ini juga akan dilalui kendaraan besar bermuatan. Pengaturan lalu lintas ini akan dikawal oleh personel dari kepolisian resor setempat.


Keselamatan dan Kelancaran Lalu Lintas


Komisaris Besar Dwi Nur Setiawan meminta pengendara untuk menahan diri dan tidak memaksa menerobos arus demi menjaga keselamatan dan kelancaran lalu lintas. "Dengan pemberlakuan ini, kami harap pengendara bisa bersabar dan mengikuti aturan demi keselamatan bersama," katanya.


Menghidupkan Kembali Roda Perekonomian


Pembukaan kembali jalur Lembah Anai diharapkan bisa mengurangi beban di kawasan Sitinjau Lauik dan Malalak, yang selama ini menjadi jalur alternatif. "Kami berupaya mendukung agar roda perekonomian kembali bergerak sebagaimana harapan dari pemerintah daerah dan harapan kita bersama, karena kawasan ini adalah penyangga utama transportasi di Sumbar," jelas Dwi.


Jalur Vital yang Terputus Akibat Bencana


Jalur Lembah Anai adalah salah satu jalur vital di Sumatera Barat yang terputus total akibat banjir bandang pada 12 Mei 2024. Penutupan jalur tersebut memberikan waktu bagi instansi terkait untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Kini, dengan dibukanya kembali jalur ini, diharapkan transportasi dan aktivitas ekonomi di wilayah tersebut bisa pulih secara bertahap.


** Afridon


Posting Komentar

0 Komentar