UKW Sumbar 2024: Menguji Kompetensi, Menghadapi Tantangan

Dewan Pers dan bekerjasama dengan UKW PWI serta Universitas Dr. Moestopo, berakhir sukses di Santika Premiere Hotel, Padang, Sabtu, 6 Juli 2024.

 


Padang, Editor – Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Sumatera Barat yang difasilitasi Dewan Pers dan bekerjasama dengan UKW PWI serta Universitas Dr. Moestopo, berakhir sukses di Santika Premiere Hotel, Padang, Sabtu, 6 Juli 2024.


Uyun Achadiyat, Ketua Komisi Kompetensi Wartawan PWI, mengumumkan hasil evaluasi UKW PWI Sumbar dengan total 31 peserta dinyatakan kompeten dari 34 yang hadir. Sementara itu, dari UKW Universitas Dr. Moestopo, Retno Intani menyebutkan 22 dari 24 peserta berhasil memenuhi standar kompetensi.


Menariknya, UKW kali ini tak hanya menguji kemampuan teknis jurnalistik, namun juga menyoroti tantangan berat yang dihadapi wartawan. Marah Sakti Siregar dari Dewan Pers menggarisbawahi pentingnya profesionalisme yang berkelanjutan, mengingat sekitar seratus ribu wartawan masih belum kompeten.


“Jumlah wartawan kompeten masih sangat terbatas, dan perjuangan untuk meningkatkan profesionalisme ini masih panjang,” ujarnya. Selain itu, ia juga menegaskan ancaman pencabutan kartu kompeten bagi wartawan yang melanggar kode etik jurnalistik secara berulang.


Acara ini ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari peserta serta doa bersama, menandai akhir dari dua hari penuh pembelajaran dan tantangan.


**   Afridon

Posting Komentar

0 Komentar