Roberia Bersyukur, Kemendagri Kembali Apresiasi Kinerja Pj.Wali Kota Pariaman pada Evaluasi Triwulan IV

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kembali Apresiasi Kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia pada Evaluasi triwulan IV di Gedung Inspektorat Jenderal 
Kamis 26 September 2024


Jakarta- Editor- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kembali Apresiasi Kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia pada Evaluasi triwulan IV di Gedung Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Timur No. 8, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 26 September 2024

Kemendagri kembali apresiasi kinerja Pj.Wali Kota Pariaman, Roberia atas beberapa kebijakan strategis yang beliau lakukan terkait 5 (lima) program prioritas yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat ditambah beberapa capaian indikator kinerja yang telah ia lakukan untuk kemajuan Kota Pariaman.

“Terkait 5 program prioritas nasional, seperti Inflasi, Stunting, ⁠Kemiskinan ekstrim, ⁠Pengangguran terbuka dan ⁠Penyerapan Anggaran, kita di Pemerintah Kota Pariamam telah melakukan berbagai kebijakan sehingga dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat,“ ucap Roberia dihadapan Tim Evaluator Itjen Kemendagri. Alhamdulillah, Pemko Pariaman kembali dapat mempertahankan prestasi sebagai salah satu Kab/Kota terbaik dalam penurunan Inflasi atau Indek Perkembangan Harga (IPH) yang dipantau oleh Kemendagri setiap minggu. IPH adalah indeks yang mengukur perubahan harga-harga 20 komoditas pangan yang memiliki bobot besar dalan IHK dan dapat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah daerah.

Selain itu, Roberia juga telah membuat kebijakan untuk kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang ada di daerah yang dipimpinya.

"Kami berharap dengan kebijakan yang telah kami lakukan semenjak kami menjabat diantaranya, pengusulan 1.491 tenaga honorer Non ASN di Pemko Pariaman yang telah disetujui oleh Pemerintah pusat beberapa waktu lalu, dapat meningkatkan taraf hidup bagi keluarga, termasuk angka kemiskinan ekstrem di Pariaman sudah 0 persen,” tutupnya.

Sementara itu Tim Evaluator dari Inspektorat Jenderal Kemendagri, mengapresiasi Pj. Wali Kota Pariaman terkait lima program prioritas Pemerintah Pusat yang telah dijalankan di daerah yang dipimpinnya dan memberikan beberapa masukan untuk evaluasi berikutnya yang semakin baik.

Tim Evaluator menyambut baik apa yang telah dibuat dan ditorehkan oleh Pj Wali Kota Pariaman, yang membuat kebijakan dan berhasil mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, dan Tim mengucapkan selamat dan sukses kepada Pj. Wali Kota, yang sukses memimpin Kota Pariaman dan selamat bertemu pada evaluasi tahap selanjutnya.

Tim Evaluator juga memberikan beberapa masukan antara lain, Mendorong Penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu agar melakukan koordinasi yang intensif dengan seluruh stakeholder dalam rangka pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Menjaga Netralitas ASN, Mengawal Kebijakan Anti Korupsi melalui Inspektorat, Optimalisasi pajak dan retribusi dengan mendorong penyusunan kajian pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Adapum Tim Evaluator  antara lain terdiri dari Teguh Narutomo (Inspektur Khusus Itjen), Ahmad Husin Tambunan (Sekretaris Itjen), Brigjen Pol Rustam Mansur (Inspektur I), Ichsan (Inspektur II), dan M.Dimiyati (PPUPD Utama Itjen), serta beberapa Tim Evaluator lainnya yag berasal dari Kemendagri.

Rombongan Pemko Pariaman yang hadir pada Evaluasi Triwulan IV ini dipimpin oleh Pj.Sekdako Yaminu Rizal, Inspektur Inspektorat Alfian Harun, Kepala Bappeda Hendri, Kepala BPKPD Buyung Lapau,  Kepala Cabang Bank Nagari Ibnu Supriadi, Sekretaris Kominfo Riky Falantino, Kabid Ekonomi Bappeda Citra Aditur Bahri dan beberapa jajaran Pemko lainnya. 


**Afridon.

Posting Komentar

0 Komentar