Vasko: Media adalah Mitra Kunci Pembangunan Sumbar!

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat pada Jumat, 20 September 2024. Disambut oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Zul Effendi, Sekretaris PWI Sumbar Firdaus Abie,


Padang,Editor- Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat, Vasko Ruseimy, melakukan kunjungan hangat ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat pada Jumat, 20 September 2024. Disambut oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Zul Effendi, Sekretaris PWI Sumbar Firdaus Abie, dan pengurus lainnya, Vasko menegaskan pentingnya peran PWI sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan Sumbar.

Vasko memulai pertemuan dengan mengapresiasi sambutan hangat PWI. “PWI adalah mercusuar Sumatera Barat. Di sini, semua wartawan dari berbagai platform berkumpul, membawa beragam keahlian,” ujarnya, menyoroti peran penting PWI dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Membangun Emosional dengan PWI

Vasko mengungkapkan keinginannya untuk menjalin hubungan emosional yang lebih erat dengan PWI, sebagai bagian dari visinya membangun Sumbar secara inklusif. “Kita butuh media yang kuat untuk menyerap aspirasi. Saya ingin hubungan emosional ini berjalan baik,” katanya. Vasko berharap PWI bisa menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat, membantu mendorong pembangunan dari tingkat bawah, mulai dari nagari.

Vasko juga menekankan pentingnya peran media sebagai mitra strategis. “Kami ingin membangun Sumatera Barat dari nagari-nagari, dengan mendatangkan anggaran pembangunan dari pusat,” tambahnya.

Nagari Creative Hub: Membangun Ekonomi dari Lapau

Dalam kunjungan itu, Vasko memperkenalkan konsep Nagari Creative Hub, yang digagas sebagai pusat kegiatan kreatif di setiap nagari. Berbeda dengan pusat ekonomi konvensional, Vasko ingin menciptakan lapau modern yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dan berkreasi. “Ini bukan soal gedung, tapi lapau modern yang menjadi pusat kegiatan kreatif,” jelasnya.

Vasko berencana menghimpun kekuatan perantau untuk berinvestasi di Nagari Creative Hub. Dengan dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Vasko optimis bahwa program ini akan menjadi contoh inovasi nasional. “Dana kecil-kecil dari banyak pihak jika dikelola dengan baik, bisa menjadi kekuatan besar,” ungkapnya.

Hubungan dengan PWI yang Lebih Harmonis

Ketua DKP PWI Sumbar, Zul Effendi, menyambut baik kehadiran Vasko, seraya berharap hubungan antara PWI dan Pemerintah Provinsi Sumbar dapat lebih harmonis di masa depan. “Jika Mahyeldi-Vasko diberi amanah, kami berharap hubungan dengan PWI dapat lebih baik dan saling mendukung,” kata Zul.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Sumbar, Dr. Amiruddin, menegaskan pentingnya relasi yang sehat antara pers dan pemerintah. “Kritik dari pers adalah bagian dari fungsi demokrasi untuk mengingatkan pemerintah,” ujarnya. Hal ini disambut positif oleh Vasko, yang siap menjalin komunikasi yang lebih baik dengan para jurnalis.

Kunjungan Vasko ini tak hanya menjadi ajang silaturahmi, tapi juga kesempatan untuk membangun komitmen bersama antara pemerintah dan media. Dengan mengedepankan kolaborasi, Vasko optimis Sumatera Barat dapat melangkah lebih jauh menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Berkunjung ke PWI Sumbar, Vasko Ruseimy Ingin Jalin Emosional Lebih Baik

Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat, Vasko Ruseimy, mengunjungi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat pada Jumat, 20 September 2024. Disambut hangat oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, Zul Effendi, Sekretaris PWI Sumbar, Firdaus Abie, dan jajaran pengurus lainnya, kunjungan Vasko bertujuan mempererat hubungan emosional dengan insan pers di Sumbar.

“Saya berterima kasih karena disambut dengan penuh kehangatan oleh kawan-kawan PWI Sumbar,” ujar Vasko, mengapresiasi sambutan yang diberikan. Vasko melihat PWI sebagai mercusuar Sumatera Barat, tempat berkumpulnya wartawan dari berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun siber, dengan beragam keahlian.

Membangun Hubungan Emosional dengan PWI

Vasko menegaskan keinginannya untuk menjalin hubungan baik dan lebih emosional dengan PWI. Baginya, peran media sangat penting sebagai mitra strategis pemerintah dalam menyerap aspirasi masyarakat. “Kami ingin hubungan emosional itu terjalin dengan baik. Kita perlu kekuatan media yang bisa menyerap semua aspirasi,” ungkapnya.

Vasko berharap, PWI bisa menjadi mitra strategis dalam upaya pembangunan di Sumatera Barat. “Kami ingin membangun Sumatera Barat dari bawah, dari nagari-nagari, dan membawa kue pembangunan dari pusat untuk gerak cepat pembangunan di Sumbar,” tuturnya.

Program Nagari Creative 

Dalam kunjungannya, Vasko juga memperkenalkan program unggulannya, Nagari Creative Hub, yang digagas sebagai pusat perekonomian di setiap nagari. Ia menekankan bahwa Nagari Creative Hub bukanlah pembangunan fisik semata, melainkan sebuah konsep “lapau modern” yang menjadi pusat kegiatan kreatif. “Semua kegiatan kreatif kita pusatkan di sana. Kami ingin menghimpun kekuatan perantau untuk berinvestasi melalui program ini,” jelasnya.


Vasko optimis, jika inovasi ini berjalan, Nagari Creative Hub bisa menjadi percontohan nasional. Ia juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung kegiatan kreatif yang akan dilakukan di Nagari Creative Hub. “Dana kecil-kecil dari banyak pihak, jika dikelola dengan baik, akan menjadi kekuatan besar,” tambahnya.


Harapan dan Kolaborasi dengan PWI Sumbar


Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, Zul Effendi, menyambut baik kunjungan Vasko. Ia berharap, jika Vasko terpilih, hubungan PWI dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dapat ditingkatkan. “Kami berharap, jika Mahyeldi-Vasko diberi amanah rakyat Sumbar, hubungan PWI dengan Pemprov dapat terjalin dengan baik,” ungkap Zul.


Wakil Ketua PWI Sumbar, Dr. Amiruddin, menegaskan bahwa kritik yang dilakukan pers merupakan bagian dari fungsi pengawasan terhadap pemerintah. “Kritik pers adalah bagian dari fungsi demokrasi, untuk mengingatkan pemerintah,” ujarnya. Hal ini mendapat tanggapan positif dari Vasko, yang siap membuka komunikasi yang lebih baik dengan pers.


Pengurus PWI lainnya, termasuk Rommi Delfiano, Pemimpin Redaksi Padang Ekspres, berharap Vasko dapat mengevaluasi peraturan terkait kerjasama media yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. “Kami harap, ke depan ada evaluasi terhadap Pergub terkait kerjasama media yang sudah tidak relevan,” ujarnya.


Kunjungan Vasko ke PWI Sumbar menjadi lebih dari sekadar silaturahmi; ia menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan pers. Dengan hubungan emosional yang lebih baik, diharapkan Sumatera Barat dapat lebih cepat dalam mencapai pembangunan yang merata dan inklusif


**Afridon


.

Posting Komentar

0 Komentar