Kesulitan Hidup Picu Gangguan Jiwa: Pentingnya Dukungan Sosial dan Bantuan Profesional

Alfi Rahmadini

Padang,Editor- Sebanyak 203 pasien saat ini dirawat di RS Jiwa Prof. HB Saanin, dengan mayoritas penyebab gangguan jiwa berkaitan dengan masalah ekonomi dan putus sekolah. Menurut Kabid Yanmed RSJ HB Saanin, dr. Fitri Zaini SpPk, kondisi ini semakin diperburuk oleh faktor biologis, psikologis, dan sosialkultural.

Gangguan yang dialami pasien meliputi skizofrenia, bipolar, hingga gangguan emosional seperti ansietas dan depresi. “Beberapa faktor yang memicu gangguan ini termasuk trauma kapitis, penyalahgunaan napza, pengalaman traumatis, hingga konflik keluarga,” ujarnya pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Pentingnya Dukungan Sosial dan Bantuan Profesional

Psikolog Alfi Rahmadini menambahkan bahwa dukungan sosial dan bantuan profesional sangat diperlukan bagi mereka yang menghadapi trauma dan stres berat. “Setiap orang memiliki cara berbeda dalam merespons stres. Namun jika gejala berlangsung lama dan mengganggu produktivitas, bantuan harus segera dicari,” jelasnya.

Alfi menekankan pentingnya mengenali tanda-tanda stres, baik fisik, kognitif, maupun emosional, serta memberikan beberapa strategi untuk menghadapi stres, seperti beristirahat, bercerita kepada orang lain, dan berfokus pada hal-hal positif.

Pencarian bantuan dari profesional seperti psikolog dan konselor juga disarankan untuk membantu proses pemulihan.

Menghadapi Tantangan Hidup

Selain itu, Alfi mendorong masyarakat untuk melihat potensi diri dalam menghadapi tantangan hidup, seperti masalah pekerjaan. Ia menyarankan untuk mengasah keterampilan atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri jika diperlukan, serta membangun mindset bahwa semua orang menghadapi masalah, namun dengan cara yang berbeda.

“Apa pun masalahnya, berbagi dengan orang yang dipercaya sangat penting dalam proses pemulihan,” 


** tim.




.

Posting Komentar

0 Komentar